Serba – Serbi Kegiatan Siswi SMK N 8 Semarang yang Magang di LKSA Riyaadlul Jannah Baiturrahman Semarang

Senin, 29 April 2024. SMK N 8 Semarang menitipkan 3 siswinya untuk melaksanakan program praktikan di LKSA Riyaadlul Jannah Baiturrahman Semarang. Adapun siswinya yaitu; Fina Lutfiyana, Ramadhani Zidna, dan Alya Sabrina Filzah. Setelah siswi praktikan diterima, ada berbagai kegiatan yang mereka laksanakan.

Pada Minggu pertama, para praktikan diberikan tugas oleh Ustadz Abdul Rohman selaku Kepala Panti sekaligus Pembimbing mereka untuk melakukan pengecekan data Assesment anak-anak panti sebagai tugas pertama mereka. Para praktikan melakukan pengecekan data Assement guna untuk mengetahui data apa saja yang masih kurang dan yang perlu dilengkapi dalam pendataan data Assement pada masing-masing anak.

Setelah selesai melakukan pengecekan data Assesment anak, siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang melengkapi data-data Akreditasi guna untuk mempersiapkan Penilaian Panti. Berikut data-data Akreditasi :
1.  Standar Program Pelayanan
     a. Peran Lembaga
     b. Respon yang tepat dalam penempatan anak
2.  Lembaga Menyelenggarakan Pelayanan Pengasuhan Anak Dan Memberikan Penguatan
3. Pemenuhan Kebutuhan Dasar (Makan, Pakaian, Kesehatan, dan Pendidikan)
4. Martabat Anak Sebagai Manusia.

Pada minggu kedua, siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang menyelenggarakan Program Lomba Tahfidz yang diikuti oleh anak-anak Panti. Adapun penguji pada lomba ini yaitu, Ustadz Abdul Rohman selaku Kepala Panti sebagai juri Perlombaan, serta salah satu dari anak panti yaitu A. Usis Fadlulloh yang menjadi juri untuk menggantikan Ustadz Rofiq Hasyim Asy’ari AH. karena berhalangan.
Kategori penilaian juara dalam lomba ini, dinilai dari kelancaran hafalan dan kefasihan tajwidnya. Adapun peserta  juara yaitu:
1. Juara pertama diraih oleh saudari Hana Yiputa Aremdawa
2. Juara dua diraih oleh saudara Nur Hamzah
3. Juara ketiga diraih oleh saudari Nurul Isnaina

Pada minggu ketiga, siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang menyelenggarakan Lomba estafet gelas yang diikuti seluruh anak-anak Panti. Sebelum perlombaan di mulai,  siswi praktikan dan Anak-anak melakukan Pemanasan yang kemudian praktikan memberikan contoh bagaimana cara bermain estafet gelas. Selanjutnya peserta lomba dibagi menjadi 4 tim, yaitu tim 1 dan 2 putra, dan tim 1 dan 2 putri. Setiap tim kurang lebih berisi 10 peserta. Kategori penilaian dalam lomba ini, dinilai dari kekompakan dan penyelesaian awal perlombaan. Adapun pemenang juara lomba estafet gelas yaitu, diperoleh dari tim 2 putra dan tim 1 putri.

Selain melaksanakan kegiatan yang ditentukan dari sekolah, siswi praktikan juga mengikuti kegiatan rutin yang sudah berjalan di LKSA Riyaadlul jannah pada malam hari di Masjid Ali Usman Baiturrahman, kegiatan tersebut dilaksanakan setelah jama’ah shalat maghrib yaitu, mengaji bersama diawali dengan membaca Surah Ar-Rahman dan Al-Waqiah serta dilanjutkan kajian kitab yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Rohman.

Pada minggu keempat, siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang membantu mendata buku-buku yang ada di perpustakaan dan memberikan code setiap buku yang ada di perpustakaan.

Jum’at, 31 Mei 2024. Siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang sudah selesai tugas magangnya, pihak sekolahpun sudah datang untuk laporan kepada pihak LKSA Riyaadlul Jannah Baiturrahman Semarang. Tetapi, pada hari sabtu dan minggu siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang berinsiatif untuk menyempatkan waktunya menginap di LKSA. Selama menginap di LKSA mereka mengikuti kegiatan yang ada di LKSA, salah satunya mengikuti kegiatan doa bersama yang diselenggarakan oleh Panti untuk mendoakan para donatur.

Selain itu, siswi praktikan SMK Negeri 8 Semarang juga ikut serta dalam membantu pekerjaan asrama putri. Contohnya seperti membantu memasak, membantu menyiram tanaman, dan membantu membersihkan lantai.

Tinggalkan Komentar